Tentang CTPOS (Point of Sales System)

CTPOS adalah sistem yang digunakan untuk melakukan transaksi penjualan ritel, seperti restoran dan kafe. Secara umum, sistem PoS terdiri dari komputer, penyimpanan uang tunai, printer struk pembelian, dan barcode scanner. Perangkat EDC (Electric Data Capture / Payment Card Read) adalah opsional, tergantung pada apakah klien ingin menggunakan EDC sebagai perangkat transaksi atau tidak.

Sistem CTPOS juga dilengkapi dengan modul akuntansi terintegrasi termasuk buku besar, piutang, sistem hutang, pembelian dan perpajakan, dan pengendalian persediaan. Dengan kata lain, Point of Sale adalah metode praktis untuk melacak arus kas bisnis.

Komponen CTPOS

CTPOS terdiri dari komponen-komponen berikut ini:

1. Komponen Hardware Utama

Seperangkat komputer terdiri dari monitor, CPU, keyboard, dan mouse. Ini akan diinstal dengan sistem Point of Sale.

2. Komponen Software Utama

Sistem aplikasi PoS yang dapat diintegrasikan dengan beberapa perangkat seperti barcode reader dan printer struk belanja.

3. Barcode Scanner

Sebuah pembaca barcode yaitu alat pendukung untuk sistem PoS untuk merekam dan membaca produk.

4. Printer Struk Belanja

Printer Struk Belanja adalah alat pendukung untuk sistem PoS untuk mencetak tanda terima setelah melakukan transaksi.

5. Cash Drawer (Laci)

Perangkat ini digunakan untuk menyetor uang tunai, untuk pelanggan yang melakukan transaksi dengan uang tunai.

6. Electronic Data Capture / Payment Card Reader (Opsional)

Perangkat ini digunakan untuk melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit atau kartu debit.

Fitur-Fitur CTPOS

1. Transaksi Tunai

Fitur ini digunakan untuk melakukan proses transaksi yang dioperasikan oleh kasir. Untuk mempercepat transaksi, kasir dapat menggunakan perangkat pembaca barcode. Pembayaran transaksi dapat dilakukan dengan uang tunai atau kartu. Untuk pembayaran tunai, konsumen dapat membayar langsung dengan menggunakan uang dan kemudian uang disimpan di laci kas. Untuk pembayaran kartu (kartu debit / kredit), konsumen dapat menggunakan perangkat pendukung yaitu, Electronic Data Capture (EDC). Setelah melakukan transaksi, kwitansi akan dicetak menggunakan perangkat printer kwitansi.

2. Manajemen Produk

Fitur ini digunakan untuk mengelola data produk, seperti penambahan produk, perubahan informasi, dan produk usang.

3. Laporan Penjualan

Fitur ini digunakan untuk menampilkan semua laporan penjualan real-time, biaya penjualan setiap produk, dan laporan keuangan.